Why Spending Some Time Being Alone is a Good Thing

“Aku introvert,” kataku.

No way! Kamu orangnya rame abis. Easy going banget, nggak mungkin lah introvert.”

Ini adalah salah satu pernyataan yang cukup sering saya lontarkan dan langsung dijawab dengan kalimat serupa di atas.

Beberapa kali, saya juga kerap memilih pulang kantor lebih cepat untuk segera kembali ke kosan. Namun, saat ditanya dan saya menjawab bahwa saya rindu kamar, ledekan pun keluar “Bohooong… mo jalan sama siapa yo?” *sigh*

Rindu berada di kamar adalah salah satu kebutuhan saya yang tidak bisa dikompromi. Saya akan memilih tidak kemana-mana, membaca buku atau sekadar mendengarkan musik dan berguling-guling untuk mengisi kembali jiwa saya. Terkadang, saya menghabiskannya dengan menulis di buku kabar-kabar terbaru tentang hidup saya sepekan terakhir. Semacam curhat sama Tuhan.

Tapi, ternyata waktu-waktu seperti ini tak hanya dibutuhkan oleh orang introvert, lho.

Masih nggak percaya saya introvert? Masih bingung kenapa orang ekstrovert juga sebaiknya memiliki waktu sendiri? Let’s read and find the answer on my friend’s journal. 🙂

Enjoy, xoxo
Ninta.

M. Jonny

“What? Why being alone? It’s no good being alone like that”. That is what my friend said when he was told that our other friend preferred having some time alone to hanging out with us. That kind of response did not surprise me at all. Often times, people tend to see this “lonely time” as a really painful and unbearable time.

I read this one amazing book titled “Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking” by Susan Cain. I discovered a lot of things about the personalities of people who are introverts and extroverts. Our society tend to see introverts are the kind of people who are shy, socially awkward or even antisocial. And extroverts are the fun ones; they laugh a lot, like to be the centre of people’s attention, dominant in conversation or simply the life of the party. Before I read this book, that’s what I believed…

View original post 585 more words

Leave a Reply

