Punya Visi = Boleh Pacaran. Iya gitu?

Setuju nggak sih, kalau saya bilang, “Syarat seseorang menjalin sebuah hubungan yang lebih dekat adalah harus memiliki visi dalam hidupnya?”

Beberapa orang mungkin tertawa, senyum-senyum atau bahkan berteriak dengan lantang mengatakan (dalam hati) SETUJU!

Kalau kalian membaca tulisan ini karena ada kata pacaran, maaf, saya sedang tidak berindah kata tentang hal tersebut. Anda terjebak. Hahaha. Kata visi akan lebih banyak saya bahas di sini. Tenang, tidak seberat apa yang dibicarakan oleh buku-buku leadership atau buku panduan kantor kamu, kok. πŸ™‚

Baru saja saya bertemu dengan seorang teman. Kami berbincang berbagai hal dan sampai kepada kata visi itu sendiri. Sebentar lagi dia akan segera bertunangan dan menikah. Dalam obrolan santai kami, saya bertanya sama dia mengenai visi hidupnya dan pasangannya. Ia kemudian bercerita panjang lebar. Dan tiba-tiba saya teringat dengan draft tulisan saya beberapa hari yang lalu mengenai visi dan relasi. Sebelum melanjutkan pembahasan ini, saya harap kalian sudah tahu apa arti kata visi itu sendiri ya. Kalau belum, ayo cari tahu πŸ™‚

Sedikit bercerita, beberapa teman seringkali bertanya, “Nin… kecengan banyak amat sih? Artis ini artis itu semua dibilang pacar semua dibilang suami.”

“Nin, sekarang lagi ngefans sama yang mana lagi?”

“Bukannya kemarin suka sama artis yang ini. Yang itu. Yang nari. Yang main film. Yang ngeband? Kayaknya semua juga kamu suka… ”

Dan setiap kali saya memberikan jawaban, saya selalu menjelaskan kenapa saya bisa begitu jatuh cinta pada mereka. Sebut saja, Jon Bon Jovi yang sebentar lagi akan datang ke Indonesia, Nial Horan & Liam Payne (One direction), Tex Saverio, J-Flow, beberapa artis Korea, dll. Alasan yang paling sering saya lontarkan adalah “Karena dia pintar. Karena dia struggle sama hidupnya. Karena dia berhasil berjuang mendapatkan impiannya. Karena dia menghidupi passion nya. Karena dia bikin ini. Dia bikin itu. BESIDES, mereka emang ganteng, sih! Hahaha”
Kalau kurang kenal dengan nama-nama di atas, om Wikipedia bersedia memberikan catatan prestasi dan riwayat hidup mereka, kok πŸ™‚

Tapi, sejujurnya di awal memang suka sama penampilannya, kemudian saya pasti akan mulai mencari tahu bagaimana hidupnya. Satu hal yang membuat saya jatuh cinta pada orang-orang tersebut adalah karena mereka tahu apa visi mereka. Mereka tahu apa yang mereka kerjakan dan dampak dari hal tersebut untuk hidupnya dan orang lain. They know what they should do with their passion and life.
Kalau pun memang di balik cerita yang aku tahu mereka pernah punya kesalahan atau pernah melakukan hal-hal yang mungkin tidak semua orang bisa menerima, buat aku tidak jadi masalah. Karena jujur, saya lebih melihat hal positif dan hal besar yang berhasil mereka lakukan. Dan kenapa tidak untuk berpikir suatu saat pasti bisa menjadi seperti mereka. Nobody’s perfect, buddy!

Nah, setiap orang tentu punya panggilan hidupnya masing-masing. Sayangnya, tidak semua orang tahu tentang hal itu dan tahu kenapa dia diciptakan. Jadi, ketimbang mengomentari hal-hal yang kurang dan dibesar-besarkan, kenapa tidak untuk mulai mencari tahu hal kecil apa yang dapat kita lakukan dengan bersemangat, yang dapat membawa perubahan besar untuk orang lain bahkan untuk diri kita sendiri.

image

Sejak tahu apa yang harus saya lakukan dalam hidup saya, saya sendiri merasa kuat dan bersemangat saat bisa memberikan semangat pada orang lain dengan menyalurkan pikiran saya ke dalam tulisan. Saat saya bisa melayani orang dan mereka tersenyum akan hal yang saya lakukan. Saat saya memberikan waktu saya mendengarkan perjuangan seseorang mengejar mimpinya dan saat saya berhasil membuat 1 dari 5 anak menyadari bahkan tergerak untuk mengatakan bahwa mereka boleh, bisa dan harus mewujudkan impian mereka apa pun dan bagaimana pun latar belakang mereka. Karena tidak akan pernah salah, ketika kita berani bermimpi dan mau berusaha keras mewujudkan mimpi, visi dan harapan kita. Dan saya jatuh cinta dengan hal ini.

image

Saat kita sudah mengetahui apa tujuan hidup kita atau dengan mudah kita sebut dengan kata visi, sekecil apapun tindakan yang kita lakukan akan terasa besar untuk mereka yang memerlukan dan memang dirancang untuk menjadi objek dari visi kita. Untuk kita sendiri, dengan mengetahui hal apa yang menjadi visi kita, sekecil apapun hal yang kita lakukan, kita akan benar-benar merasakan “Untuk hal ini lah aku diciptakan dan untuk hal ini lah aku harus hidup. Dengan menggenapi apa yang menjadi visi kita, maka kebahagiaan akan muncul dan kita akan semakin bersemangat untuk menghidupi panggilan bahkan hidup kita.”

Yah, oke.

Lalu, apa hubungannya dengan memiliki relasi? Kenapa saya mempertanyakan hal ini ke teman saya tadi? Selain karena saya memang ingin tahu, hehehe, hubungannya sangat jelas.

image

Ketika seseorang tidak tahu ke mana dirinya sendiri akan pergi, lantas masih mau kah kamu pergi bersamanya?

“Fleksibel, lah, Nin! Nikmatin aja kejadian-kejadian yang terjadi selama perjalanan.”

Untuk perjalanan rute JABODETABEK dan menghabiskan waktu 12 jam, mungkin, ini mungkin, kita bisa berkata seperti itu. Tetapi, memastikan untuk perjalanan panjang bersama orang yang “ITU-ITU SAJA” (nantinya) dan memakan waktu seumur hidup, tentu kamu akan berpikir 1000 kali untuk mengatakan, “Ke mana aja asal sama kamu.”

image

Menutup semua pemikiran malam ini, saya tentu mau mengajak kamu, iya… kamu semua, untuk menemukan si visi itu. Spesial untuk yang perempuan (karena yang nulis perempuan), laki-laki seperti apa yang sebaiknya menjadi kriteria kita? MUNGKIN, gambar di bawah ini bisa menjadi jawaban. Dan benar, mungkin mereka sudah mulai punah. Hahaha
Jadi untuk para pria, kenapa tidak untuk menjadi salah satu dari spesies ini dan kembali memperbanyak jumlah kalian di antara mereka yang semakin banyak spesiesnya di zaman ini? *ups*
image

But first, find your vision.

4 thoughts on “Punya Visi = Boleh Pacaran. Iya gitu?

  1. Woww really inspiring nin! I know kenapa kamu ngecengin banyak orang sekarang hehe.. ;D
    Really like,’ but first, find your vision’ karena penting banget untuk tahu itu, seperti yang kamu bilang, kita akan lebih semangat and bahagia πŸ™‚
    Keep the good works nin! πŸ˜‰

Leave a Reply

