Bersikap Tegas, Salah atau Tidak?

“Pacar kamu tegas banget ya orangnya, nggak takut? “, ucap seorang teman. Wow, sontak saya kaget karena saya pikir kenapa tegas justru bikin takut ya? Padahal, sikap tegas itu menjadi satu modal utama supaya kita tidak menjadi orang yang plin-plan saat harus berhadapan dengan sebuah keputusan. Lalu apa yang salah?

Ternyata, cara penyampaiannya yang salah. Mengungkapkan ketegasan nggak perlu dengan mean attitude kok. Namun, kenyataannya banyak sekali perempuan yang mengungkapkan ketegasannya dengan cara yang salah. Berikut ini contohnya:

1. Galak
Belum apa-apa sudah mengeluarkan banyak tanda seru di akhir kalimat. Hei, menunjukkan ketegasan nggak berarti kamu harus galak loh, Girls, apalagi kalau sampai bersikap judes. Bisa-bisa pasanganmu jadi BT dan menarik diri atau bahkan jadi ilfeel sama kamu.

2. Dominan
Tegas bukan berarti kamu harus menjadi “si dominan”. Memutuskan sesuatu memang tidak pernah mudah, tetapi tetap hargai pasanganmu dan tetap berpendirian pada apa yang menjadi keputusanmu. Berusahalah menemukan win-win solution untuk kalian berdua. Hal ini tentu akan mendewasakan hubunganmu, lho.

3. Berteriak
“Nggaaaak! Pokoknya aku nggak mau!” Mengungkapkan ketegasan nggak perlu dengan nada do tinggi apalagi dengan sepuluh tanda seru. Sikap tersebut justru menjauhkan kamu dari kesan tegas. Berkata-kata lah dengan nada yang lembut dan to the point.

image

Walau tegas, tetap kontrol emosi kamu dan sampaikan dengan cara yang tepat, ini akan memudahkan kamu untuk belajar menjadi orang yang lebih dewasa serta tidak mudah terpancing emosi. Ingat, 3 hal yang tidak dapat diulang: waktu, kata-kata dan kesempatan.

Keep it mind!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s